Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
KLIK BERITA ABDUL SOMAD DI SINI
KLIK BERITA VIRAL LAIN NYA DI SINI

Resep Kue Galundeng Asli Banyumas

Resep Kue Galundeng - Satu lagi makanan terkenal yang berasal dari Pulau Jawa. Tepatnya makanan ini berasal dari mana, belum diketahui, tapi yang jelas makanan ini banyak sekali di wilayah Banyumas hingga terkenal dengan sebutan Galundeng Asli Banyumas. Karena rasa Galundeng buatan orang Banyumas sangat enak. Roti dalamnya empuk, gula luarannya keras tapi manisnya sedikit gosong tanpa pait, sehingga menciptakan keunikan tersendiri.

Galundeng dikenal pula menggunakan nama Bolang-Baling, Golang-Galing, Galundheng hingga Donat Jawa. Resep Kue Galundeng adalah keliru satu Resep Tradisional yang sudah terdapat semenjak dahulu, siapa penemu Resep Kue Galundeng nir diketahui. Yang kentara Resep Kue Galundeng selalu sama dan permanen ada hingga kini . Resep Kue Galundeng menjadi keliru satu Resep Warisan Nusantara yg masih dijaga sampai sekarang.

Kini Galundeng ada kreasinya yaitu diberi taburan diatasnya menggunakan biji wijen sebagai akibatnya dinamai Galundeng Wijen atau Bolang-Baling Wijen, atau Golang-Galing Wijen. Rasanya sama hanya saja lebih manisan yang tanpa wijen lantaran jika yang Galundeng Original Resep Kue Galundeng nya memakai taburan gula yang melekat diatas Kue Galundeng.

Cara Membuat Galundeng Asli Purwokerto atau Banyumas ini sangatlah mudah dan tentunya bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang kondusif dikonsumsi seluruh orang dan harganya pun relatif terjangkau. Kue Galundeng cita rasanya anggun asli gula, dan teksturnya kasar diluar lembut pada pada, saat digigit sedikit keras akan tetapi sedikit mulur dan empuk, rasa luarnya lebih cantik dari dalamnya terlebih luarnya terdapat taburan gula yang mengering. Bagi yg belum pernah memakan Kue Galundeng, niscaya sekali makan akan ketagihan.

Penasaran bagaimana Cara Membuat Kue Galundeng yang mudah dan hasilnya enak? Di artikel kami kali ini, akan kami hadirkan Resep Kue Galundeng Asli Banyumas yang enak dan lezat. Silahkan anda simak dengan cermat Resep Kue Galundeng berikut ini.

Resep Kue Galundeng
Resep Kue Galundeng

Bahan Resep Kue Galundeng :

  1. Sediakan tepung terigu 500 gr
  2. Sediakan gula pasir 75 gr
  3. Sediakan garam secukupnya
  4. Sediakan backing powder 6 gr
  5. Sediakan minyak goreng secukupnya
  6. Sediakan air es secukupnya

Bahan Taburan Resep Kue Galundeng (Opsional) :

  1. Sediakan wijen secukupnya (bila ada, kami tidak memakai)
  2. Sediakan gula pasir secukupnya (kami memakai)

Cara Membuat Resep Kue Galundeng :

  1. Pertama, siapkan wadah dan ambil tepung terigu, backing powder, garam, serta gula pasir, kemudian dicampur menjadi satu dan diaduk hingga rata.
  2. Kemudian, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan terus diuleni hingga kalis atau tidak lengket sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya diamkan adonan Kue Galundeng sekitar 30 menit, serta ditutup menggunakan kain bersih.
  4. Setelah itu, uleni kembali adonan sekitar 5 menit.
  5. Tutup kembali dan diamkan semalam.
  6. Lalu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi kotak, kemudian olesi dengan air dan gulingkan diatas campuran gula dan wijen (jika pakai wijen).
  7. Ulangi langkah nomor 6 hingga adonan habis.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, kemudian goreng Kue Galundeng atau Bolang-Baling atau Golang-Galing ini hingga matang berwarna kecoklatan dan mengembang.
  9. Angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.

Sebelum digoreng, anda juga dapat mengisi Kue Galundeng ini dengan menggunakan cokelat, keju, kismis, selai, dll sehingga rasanya akan sangat enak sekali. Kue Galundeng yang sederhana akan terlihat lebih istimewa Kue Galundengnya dikreasikan dengan aneka topping ataupun popping. Timing paling pas untuk menikmati lezatnya Kue Galundengadalah saat pagi hari dan saat cuaca dingin ditemani dengan secangkir Minuman Hangat atau Kopi Nikmat Ala Racikan Cafe tentunya menikmatinya akan lebih bermakna juga saat ada orang spesial yang meikmati hidangan Kue Galundeng buatan kita sendiri.

Tidak hanya cocok buat dimakan sendiri beserta keluarga, namun Kue Galundeng jua cocok buat dijadikan menjadi hidangan istimewa di program arisan, ataupun hajatan. Kue Galundeng biasanya dijual oleh para pedagang di pasar tradisional ataupun outlet-outlet pada depan ruko dan pinggir jalan dengan harga per bijinya/ per satuannya seharga 800 sampai 1000 rupiah. Harga umumnya tergantung ukurannya & taburannya.

Kebanyakan pedagang Kue Galundeng hanya menjajakkan Resep Kue Galundeng yg memakai wijen & original saja, belum terdapat yg menjajakkan Kue Galundeng menggunakan kreasi lain, misalnya misalnya Kue Galundeng Isi Coklat, Kue Galundeng Isi Keju, Kue Galundeng Isi Kismis, dll. Bagi anda yg gemar dengan dunia masakan dan ingin memulai usaha kuliner, mungkin Kreasi Kue Galundeng yang kami sarankan dengan dasar Resep Kue Galundeng Asli Banyumas menurut kami ini bisa menjadi salah satu referensi unik dan peluang akbar buat usaha anda.

Demikian Cara Membuat Dan Resep Kue Galundeng asli Banyumas dari kami di zonamakan. Jangan lupa cobain juga Resep Sup Merah Spesial Khas Jawa Timur yang sangat cocok menjadi santapan hangat bersama keluarga anda di rumah. Nantikan resep-resep lezat kami yang lainnya hanya di zonamakan.com yang menjadi sebuah tempat kumpulan resep paling enak dari seluruh dunia. Tetaplah bersama kami menjelajah Lezatnya dunia kuliner. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Resep Kue Galundeng Asli Banyumas | Unknown | 4.5

Posting Komentar untuk "Resep Kue Galundeng Asli Banyumas"

KLIK BERITA ABDUL SOMAD DI SINI
KLIK BERITA VIRAL LAIN NYA DI SINI