Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
KLIK BERITA ABDUL SOMAD DI SINI
KLIK BERITA VIRAL LAIN NYA DI SINI

Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo

Resep Es Dawet Ireng - Es Dawet merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras, yang diolah menjadi bentuk kecil memancang pada umumnya berwarna hijau kemudian di campur dengan air santan dan disajikan dengan gula merah cair dan es. Namun ternyata Es Dawet tidak hanya berwarna hijau, kini ada juga Es Dawet berwarna hitam.

Es Dawet berwarna hitam in diklaim Es Dawet Ireng lantaran Es Dawet Ireng dari dari Kota Purworejo Kabupaten Jawa Tengah sehingga namanya juga menggunakan bahasa jawa yaitu Ireng yang adalah hitam. Es Dawet Ireng ini sudah usang ada pada Kota Purworejo, tetapi sejak keluarnya banyak penjual Es Dawet Ireng disepanjang jalan raya perlintasan Purworejo-Banyumas atau Purworejo-Jogja maka mulailah banyak orang yang mengetahui kehadiran Es Dawet Ireng tersebut.

Uniknya Es Dawet Ireng ini terbuat bukan hanya berdasarkan tepung beras tetapi jua terdapat bahan merangnya. Tetapi kita tidak perlu khawatir, lantaran meskipun ada bahan merangnya minuman ini permanen kondusif & sehat dikonsumsi. Merang yang digunakan hanya diambil sarinya saja yg diperas bersama air.

Warnanya yg hitam pekat dicampur menggunakan santan yang berwarna putih sangat menggugah selera kita buat menghabiskannya. Es Dawet Ireng sangat cocok dinikmati ketika siang hari dan sore hari buat melepas rasa dahaga dan lelah kita. Selain itu Es Dawet Ireng pula cocok menjadi menu pembuka berbuka, dan sajian istimewa diberbagai program seperti khitanan, pernikahan, arisan famili, dll.

Cara Membuat Es Dawet Ireng jua sangatlah mudah & bahan yang digunakan juga terjangkau. Saran berdasarkan zonamakan.Blogspot.Com apapun hidangan kuliner dan minuman kita, sebaiknya buatlah sendiri di rumah jika kita mampu kenapa wajib beli, selain buat menghemat jua bisa lebih mengetahui kualitas bahan yg dipakai & selera rasa yg diadaptasi menggunakan pengecap kita.

Untuk itu, zonamakan selalu menghadirkan resep pilihan aneka menu makanan dan minuman hingga sajian-sajian unik untuk anda semua. Sebelumnya kami membuat Resep Cemilan yaitu Cara Membuat Oreo Truffles Enak Unik yang cocok sebagai sajian istimewa. Kini kami hadirkan Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo yang tidak kalah istimewanya dengan resep lainnya. Simak baik-baik Resep Es Dawet Ireng berikut ini.

Resep Es Dawet Ireng
Resep Es Dawet Ireng

Bahan Resep Es Dawet Ireng:

  1. 50 gr tepung sagu
  2. 60 gr tepung beras
  3. 600 ml air
  4. 1 sdt garam
  5. 1½ sdm abu merang dan 50 ml air, dilarutkan, disaring
  6. 1/8 sdt pewarna hitam
  7. Bahan sirup:
  8. 250 gr gula jawa/gula merah, diiris halus
  9. 2 lembar daun pandan
  10. 250 ml air
  11. 2 tetes vanilla essence

Bahan Kuah Santan Resep Es Dawet Ireng:

  1. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  2. 2 lembar daun pandan
  3. ¼ sdt garam

Bahan Pelengkap Resep Es Dawet Ireng:

  1. Buah nangka, dipotong-potong (bila suka)
  2. Es batu

Cara Membuat Resep Es Dawet Ireng :

  1. Siapkan adonan cendol dengan mencampurkan tepung beras, tepung sagu, air, air abu merang, garam, dan pewarna hitam. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal, kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup dan kental.
  2. Siapkan baskom berisi air es, kemudian tempatkan cetakan cendol di atasnya.
  3. Tuang adonan cendol  di atas cetakan lalu ditekan-tekan atasnya.
  4. Saring cendolnya, sisihkan.
  5. Didihkan bahan sirup di atas api kecil sampai kental, aduk rata, sisihkan.
  6. Rebus bahan kuah santan sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan jangan sampai santan pecah agar rasanya tetap seger.
  7. Setelah sirup dan kuah santan dingin, siapkan gelas saji kemudian masukkan ½ sdm potongan nangka, 3 sdm cendol hitam, siram dengan kuah santan, lalu diberi es batu. Terakhir tuang sirup. Es dawet ireng pun siap dinikmati.

Nikmati Es Dawet Ireng selagi dingin dan lengkapi hidangan anda dengan aneka Cemilan Unik dari kami. Demikian Cara Membuat dan Resep Es Dawet Ireng khas Purworejo yang kami hadirkan untuk anda semua. Nantikan resep-resep lainnya hanya di zonamakan.blogsspot.com sahabat para bunda. Selamat mencoba

Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo | Unknown | 4.5

Posting Komentar untuk "Resep Es Dawet Ireng Khas Purworejo"

KLIK BERITA ABDUL SOMAD DI SINI
KLIK BERITA VIRAL LAIN NYA DI SINI